Senin, 07 Maret 2011

BILANGAN MACH

Bilangan Mach adalah kecepatan objek bergerak melalui udara, atau lainnya cairan substansi, dibagi dengan kecepatan suara seperti yang di substansi untuk kondisi tertentu yang fisik, termasuk suhu dan tekanan. Hal ini biasanya digunakan untuk mewakili kecepatan obyek ketika bepergian dekat dengan atau di atas kecepatan suara. 
M : nomor Mach
V : k
ecepatan relatif dari sumber ke medium
a :
kecepatan suara dalam medium


MACH adalah satuan kecepatan yang umum untuk mengekspresikan kecepatan suatu pesawat terbang relatif terhadap kecepatan suara. Satuan biasanya ditempatkan sebelum angka pengukurannya seperti Mach 1.0 untuk kecepatan suara, Mach 2.0 untuk dua kali kecepatan suara. Angka sebenarnya kecepatan suara tergantung kepada tingkat tekanan dan suhu atmosfir. Pada suhu udara 0°C dan tekanan udara 1 atmosphere (atm), kecepatan suara adalah 1.088 ft/s atau 331.6


arus tinggi sekitar benda

Penerbangan secara kasar dapat diklasifikasikan dalam enam kategori:



arus tinggi dalam saluran

Sebagai aliran dalam saluran persilangan M = 1 menjadi supersonik, satu perubahan signifikan terjadi. Konservasi laju aliran massa mengarah satu untuk mengharapkan bahwa kontraktor saluran aliran akan meningkatkan kecepatan aliran (yaitu membuat saluran sempit hasil dalam aliran udara lebih cepat) dan pada kecepatan subsonik ini berlaku. Namun, setelah aliran menjadi supersonik, hubungan daerah aliran dan kecepatan terbalik: memperluas saluran tersebut sebenarnya meningkatkan kecepatan. Hasil jelas adalah bahwa dalam rangka mempercepat mengalir ke supersonik, orang perlu sebuah nosel divergen-konvergen, di mana bagian konvergensi mempercepat aliran ke M 1, = kecepatan sonik, dan bagian divergen terus percepatan. nozel seperti ini disebut de nozel Laval dan dalam kasus yang ekstrim mereka mampu mencapai luar biasa, hipersonik kecepatan (Mach 13 pada 20 ° C).
Sebuah pesawat Machmeter atau sistem informasi elektronik penerbangan ( EFIS ) dapat menampilkan nomor Mach berasal dari tekanan stagnasi ( pitot tube ) dan tekanan statis.

sumber
  1.  nomor mAch
  2. Mach (satuan kecepatan suara)

1 komentar: